kegunaan dan manfaat kartu debit GPN untuk nasabah

Ragam Kegunaan Kartu Debit GPN untuk Nasabah

Pihak Bank Indonesia terus menyuarakan untuk menggunakan kartu debit dengan logo GPN kepada masyarakat luas. Nasabah dapat menukar ATM atau kartu debit di bank terdekat. Tak heran jika banyak nasabah yang sudah dianjurkan mengganti kartunya dengan gerbang pembayaran nasional

  • Hal tersebut sesuai dengan kewajiban GPN untuk ATM atau debit mulai 2018. Mengutip keterangan tertulis BI, masyarakat bisa menggunakan kartu debit GPN untuk mendapatkan beberapa  keuntungan:
  • Masyarakat dapat menggunakan ATM atau kartu debit berlogo GPN untuk bertransaksi di semua lini pembayaran di seluruh Indonesia.
  • Karena ATM atau kartu debit GPN memiliki fungsi keamanan yang terstandarisasi, dan semua proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan rumah, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman.
  • Karena Merchant Discount Rate (MDR) ditentukan, pedagang tidak membebankan biaya kepada komunitas.
  • Nasabah sudah tak perlu lagi membawa uang tunai atau cash dengan jumlah besar karena seluruh lini pembayaran yang sudah saling terhubung satu sama lain dan bisa saling diwujudkan
  • Biaya administrasi yang cenderung lebih murah karena semua proses bisa dilaksanakan di domestic sehingga bisa menjadi lebih efisien. Hal ini juga membuat banyak nasabah merasa diuntungkan dengan adanya kartu gerbang pembayaran nasional.

Bank Indonesia juga selalu mendorong nasabah dan masyarakat luas supaya beralih memakai kartu debit dengan logo burung garuda alias kartu yang terintegrasi dengan GPN. Bahkan kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN BI mengatakan jika sejak diluncurkan di beberapa tahun lalu, jumlah kartu debit dengan logo GPN juga semakin naik.

Bahkan dalam kurun waktu kurang dari setahun sejak peluncuran sudah tercatat sekitar 497 ribu kartu debit menggunakan logo GPN yang sudah terdistribusi. Hal ini menunjukkan jika para nasabah sudah mulai sadar akan ragam fungsi dan manfaat yang ditawarkan oleh kartu tersebut.

Bahkan semua bank juga sudah mulai mengeluarkan kartu berlogo national ini. Sejak awal kehadirannya, pihak BI memberikan target sekitar 13 juta keping kartu dengan logo GPN yang sudah terdistribusi di akhir tahun peluncuran. Pihak BI sendiri juga merasa optimis bisa mencapai bahkan melampaui angka tersebut mengingat atensi masyarakat yang terbilang tinggi.

BI juga sangat rajin dalam menyosialisasikan keuntungan dan ragam fungsi kartu dengan logo GPN tersebut dengan harapan jika semakin banyak masyarakat yang akan menggunakannya. Pihak BI juga sangat gencar menyampaikan informasi terkait manfaat kartu dengan logo nasional ini.

Beberapa kelebihannya seperti kartu dengan logo GPN mengenakan tarif administrasi lebih murah, keamanan bertransaksi dan kenyamanan bagi nasabah. Seperti yang kita tahu jika beberapa waktu kemarin sempat heboh dengan adanya skimming atau pembobolan. Nah dengan kartu gerbang pembayaran nasional, hal tersebut bisa dihindari dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *