ilustrasi customer service

Pengertian Dan Manfaat Conversational commerce

Conversational commerce sebenarnya sudah bukan hal yang baru di masa seperti sekarang ini. Hanya saja mungkin memang masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami betul tentang istilah yang satu ini. Untuk itu, simaklah penjelasan dibawah.

Definisi Conversational Ecommerce

Sejak memasuki era digital, ada banyak kemudahan yang dirasakan oleh seluruh manusia di hampir semua negara. Banyak hal bisa menjadi lebih mudah, cepat dan praktis. Dari sekian banyaknya hal, kegiatan berbelanja merupakan salah satu hal yang semakin mudah berkat adanya peran digital.

Belanja yang dulunya hanya bisa dilakukan secara manual yaitu datang ke toko atau penjualnya secara langsung, kini bahkan bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Aktivitas berbelanja tak perlu khawatir harus antri panjang atau berdesak – desakkan dengan pengunjung lain karena belanja secara online hanya perlu perangkat gadget atau elektronik serta koneksi internet saja.

Belanja secara online bisa lebih leluasa dalam memilih barang atau produk yang ingin dibeli. Apalagi kini sudah banyak online shop dan e – commerce yang bisa dijadikan sebagai media untuk berbelanja online. Setiap e – commerce menawarkan ciri khas dan kelebihannya masing – masing.

Masing – masing e – commerce tentu menawarkan fitur yang berbeda. Diantara sekian banyaknya fitur yang ada, fitur chat adalah yang paling umum. Fitur chat ini disebut juga dengan Conversational commerce yang mana merupakan sebuah fitur chat yang bisa dimanfaatkan oleh calon pembeli untuk bertanya kepada seller atau penjual.

Biasanya saat berbelanja online sebelum kita memutuskan untuk membeli suatu produk, maka kita akan bertanya kepada penjual mengenai ketersediaan barang tersebut. Bisa menanyakan stok warna, jumlah, ukuran atau yang lainnya.

Fitur ini memudahkan percakapan antara penjual pembeli sehingga nantinya ketika orderan sudah dilakukan akan meminimalisir adanya miss komunikasi atau kesalahan pemilihan barang. Dengan kata lain, fitur percakapan atau pesan pada e – commerce ini memang memiliki fungsi yang cukup penting.

Manfaat Conversational Ecommerce

Sebenarnya dari penjelasan diatas sudah bisa ditarik kesimpulan mengenai apa itu Conversational commerce. Hanya saja mungkin orang akan merasa penasaran mengenai manfaat apalagi yang bisa didapatkan dengan adanya fitur ini. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Membangun ikatan yang baik dengan calon pembeli atau pembeli tetap.
  • Memberikan tambahan informasi yang lebih detail dan spesifik kepada pembeli sebelum melakukan order.
  • Meningkatkan kredibilitas toko atau seller.
  • Sebagai media untuk menunjukkan kualitas pelayanan terhadap pembeli.
  • Membantu calon pembeli yang masih merasa kebingungan tentang produk yang akan dibeli.
  • Meningkatkan trust atau kepercayaan dari pembeli ke penjual.
  • Mencegah adanya miss komunikasi atau kesalahpahaman.
  • Meminimalisir kekecewaan pembeli.
  • Meningkatkan rating toko.

Dengan beberapa contoh diatas maka bisa dikatakan bahwa Conversational commerce sebenarnya memang membawa pengaruh yang positif dan terbilang besar bagi transaksi jual beli online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *